Sunday, March 31, 2013

Diorbitkan Jadi Artis, Pendapat Anak Tetap Harus Dihargai Orangtua

Jakarta - Hubungan para seleb dan orangtua mereka yang tak harmonis dilatarbelakangi beberapa faktor. Menurut sekretaris Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) Muhammad Ihsan, hal itu seharusnya tidak terjadi bila para orangtua bisa mendengarkan pendapat dan pilihan si buah hati.

Hal itu juga berlaku ketika sang anak memilih untuk menjalin hubungan dengan seseorang. Menurut Ihsan, orangtua yang justru mengorbitkan anaknya menjadi artis seharusnya lebih bisa menghargai keputusan putra-putri mereka.

"Bagi orangtua yang dari awal mengorbitkan anaknya untuk jadi artis, sebetulnya orangtua lebih baik menghargai pendapat dan pilihan anaknya. Apalagi pada saat anak berpacaran dengan seseorang, mungkin anaknya memilih pilihan yang tidak disukai orangtuanya. Kalau seperti itu harusnya anak dan orangtuanya bisa lebih komunikasikan secara bertahap," papar Ihsan kepada detikHOT.

Ihsan menambahkan, harus ada perlakuan khusus dari orangtua untuk anaknya yang terjun ke dunia hiburan. Orangtua disarankan untuk lebih bijak untuk menyampaikan pendapatnya kepada anak-anak mereka.

"Anak pasti tersinggung kalau orangtuanya langsung bilang nggak suka dengan si ini. Kalau seperti itu harusnya orangtua bisa pelan-pelan jelasinnya kenapa nggak suka, jangan langsung ditembak seperti itu," lanjutnya.

"Suatu hubungan itu kan butuh proses sampai akhirnya yakin dengan ini-itu atau hubungan pacaran dengan si A dan B. Penolakan orangtua juga pasti ada alasannya. Proses itu harus dilaksanakan secara bertahap," tuntas Ihsan.



(kmb/mmu)

No comments:

Post a Comment