Saturday, April 27, 2013

Premiere 'Glamourous Indonesia' Meriahkan Broadway Cinematheque di Beijing

Jakarta - Film dokumenter 'Glamourous Indonesia' menggelar Red Carpet Reception dan Premiere di Broadway Cinematheque, Beijing, RRT pada Jumat (16/4/2013) lalu. Acara tersebut dihadiri oleh puluhan Duta Besar negara-negara sahabat, serta ratusan korps diplomatik asing, diaspora Indonesia dan kalangan media massa di Beijing.

Dalam sambutan pembukaannya, Duta Besar RI untuk RRT merangkap Mongolia menyampaikan ucapan terima kasih kepada Managing Director CCTV-9 Mr. Liu Wen atas dukungannya dalam mempromosikan pertukaran budaya, dan meningkatkan saling pemahaman antara masyarakat Indonesia dan Tiongkok. Tim produksi CCTV-9 juga dinilai telah menunjukan profesionalisme, kreatifitas dan nilai seni yang tinggi, hingga menghasilkan film dokumenter yang sangat menarik.

Film dokumenter yang dipertunjukan kali ini merupakan episode satu dari empat episode yang akan ditayangkan CCTV-9 pada 29 April hingga 2 Mei 2013 mendatang. Dalam episode pertama dokumenter tersebut diceritakan sekilas mengenai kehidupan masyarakat Indonesia dan kekayaan alam warisan nusantara.

Kisah-kisah tersebut antara lain adalah kehidupan seorang instruktur menyelam dan seorang Pendeta Hindu atau Sulinggih di Pulau Bali, perjuangan penambang batu akik di Samarinda, serta petani Kopi Luwak di Sukabumi. Kekayaan budaya dan alam Indonesia lainnya juga akan dinikmati pemirsa di Tiongkok, dalam keempat seri dokumenter 'Glamorous Indonesia'.

Dalam rilis yang diterima detikHOT, Sabtu (27/4/2013), Dubes Imron Cotan kemudian mengingatkan bahwa Indonesia memiliki tradisi dan budaya yang tak lekang waktu, pembangunan yang terus bergulir, serta wilayah yang sangat
luas dan kaya. Karenanya film ini merupakan pengenalan awal yang diharapkan dapat menggugah rasa ingin tahu seluruh masyarakat lokal dan masyarakat asing di Tiongkok,
untuk mengunjungi serta mengeksplorasi Indonesia lebih lanjut.

Managing Director CCTV-9 juga mengumumkan bahwa Glamorous Indonesia merupakan bagian dari seri dokumenter CCTV-9, yang terdiri dari 'Glamorous Kenya', 'Glamorous Slovenia', 'Glamorous Greece' dan 'Glamorous Maldives'. Acara Premiere juga dimeriahkan dengan penampilan Tari Sirih Kuning oleh mahasiswa Indonesia di RRT.

(ich/ich)

No comments:

Post a Comment