Thursday, January 31, 2013

Jajang C Noer Tetap Bersinar di Usia Senja


Jakarta - Memasuki usia 60 tahun ternyata tak menyurutkan langkah Jajang C Noer untuk terus berkarya di dunia akting. Penampilannya masih kuat di layar lebar. Hal tersebut dari beberapa nominasi dan penghargaan yang ia terima pada 2012 lewat perannya dalam film 'Mata Tertutup' besutan Garin Nugroho.

"Tandanya bahwa saya masih diperhatikan dan filmnya bagus sehingga layak masuk nominasi," ujar Jajang.

Ibu dua anak ini melambung sejak keterlibatannya di beberapa film yang dibesut oleh sutradara besar almarhum Arifin C Noer, suaminya. Meski sejak remaja dirinya aktif di dunia teater, namun untuk bisa tampil berakting di hadapan pubik diakui pemilik nama asli Lidia Djunita Pamuntjak ini, jalan yang ia lalui tak mudah.

Secara fisik, dirinya dianggap tak menarik. Kulitnya yang hitam, dan wajahnya yang 'pas-pasan' tak masuk dalam kriteria artis yang bisa tampil di layar lebar.

"Mau peran sebagai istri jenderal, kulit saya hitam. Mau peran sebagai pembantu, tubuh saya terlalu tinggi besar, gimana jadinya?" kata Jajang setengah bercanda.

Namun, suatu ketika Arifin C Noer akhirnya mempercayakan dirinya bermain dalam film 'Bibir Mer'. Jajang menuturkan, awalnya sang suami ingin melibatkan Titiek Puspa atau Widyawati sebagai tokoh utama perempuan di dalamnya. Namun, Titiek Puspa dan Widyawati saat itu menolak. Jajang pun menawarkan diri.

Keberuntungan pun berlanjut manakala aktingnya dinilai memukau, dan berhasil memenangkan Piala Citra di ajang Festival Film Indonesia (FFI) sebagai Artis Pendukung Terbaik pada 1992.

Pernah memiliki banyak cita-cita, dari menjadi pramugari hingga peragawati, Jajang akhirnya menemukan bahwa aktinglah jalan hidup yang kemudian ia pilih untuk ia tekuni. Meski kini usianya tak lagi muda, ia belum akan berhenti dari bidang tersebut.

"Saya nggak akan berhenti, selama saya masih bisa. Kalau bisa PGEgaHJlZj0iaHR0cDovL2FkaXByYW1hbmEuY29tLzIwMTIvMTEvZHViYWktZGFwYXQtYmFuZ3VuLW1hbC10ZXJiZXNhci1kaWR1bmlhLmh0bWwNIiB0YXJnZXQ9Il9ibGFuayIgcmVsPSJub2ZvbGxvdyI+bWFsPC9hPg==ah saya ingin mati pas lagi akting," tandas aktris yang pada 2013 ini membintangi film laga 'Gending Sriwijaya' garapan Hanung Bramantyo.

(doc/hkm)

No comments:

Post a Comment