Sunday, February 3, 2013

Dapat Gelar Kehormatan, Inggrid Kansil Lebih Hati-hati Jaga Etika

Jakarta - Pesinetron Inggrid Kansil baru saja mendapatkan gelar kehormatan dari Pemerintah Kabupaten Siau Tagulandang Sitaro dalam acara yang bertepatan dengan Perayaan Gelar Seni Budaya Adat Tulude Tahun 2013. Ia pun akan lebih menjaga etika setelah mengusung 'beban' tersebut.

"Yang pastinya ini sebuah beban bagi saya bagaimana menjalankan dengan baik, seperti menjaga etika agar tidak berdampak negatif. Dengan begitu saya juga harus memberikan terbaik untuk membawa amanah tersebut terutama mengembangkan budaya dari leluhur nenek moyang," ujar Inggrid dalam siaran persnya yang diterima detikHOT, Minggu (3/1/2013).

Perayaan Gelar Seni Budaya Adat Tulude 2013 sendiri digelar tiap bulan Januari. Bintang sinetron 'Safa dan Marwah' itu merasa acara tersebut sangat penting sebagai salah satu upaya menjaga kearifan lokal daerah yang merupakan akselerasi ilmu dan budaya masyarakat adat Tanah Air.

"Ilmu dan budaya merupakan sesuatu yang lekat dalam pewarisan nilai leluhur kita. Perlu terus ditata oleh negara untuk selalu diwariskan dan dilindungi," tambahnya.

Inggrid yang kini menjadi anggota Komisi VIII DPR RI, juga berencana untuk membahas RUU Pengakuan dan Perlindungan Hak Masyarakat Adat. Ia berharap ada kepastian hukum atas keberlangsungan komunitas masyarakat adat dalam mempertahankan tradisi dan budayanya.


(ich/ich)

No comments:

Post a Comment